Beberapa Fakta Seputar Jerawat

Beberapa Fakta Seputar Jerawat
Jerawat adalah masalah kulit yang sangat menganggu dalam berpenampilan. Jerawat yang sudah hilang akan mengakibatkan bekas yang berupa benjolan yang sangat sulit untuk di hilangkan. Banyak orang yang mengeluh tentang masalah jerawat terutama pada masa buper atau remaja akibat perubahan hormon . Sekarang banyak bermunculan yang nama mitos tentang jerawat dan faktanya , Mari kita simak beberapa fakta dan mitos di bawah ini.
Jerawat di sebabkan oleh muka yang kotor, tapi faktanya Perlu diketahui jerawat terjadi karena peradangan akibat penyumbatan. Jadi bukan karena jarang membersihkan muka. Cuci muka secara rutin memang bisa menyingkirkan kelebihan minyak, sel kulit mati dan kotoran , tetapi sering membersihkan muka justu malah akan memperburuk kondisi jerawat. Keseimbangan minyak pada kulitĀ  harus tetap di jaga dengan mencuci tidak lebih dari dua kali dalam seharidan harus memakai sabun yang lembut.
Jerawat di sebabkan oleh kebanyakan makanan lemak. Faktanya belum ada bukti ilmiah mengenai makanan lemak seperti Kentang goreng, susu, makanan laut, cokelat dan junk food dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.
Obat jerawat dengan Dosis yang tinggi lebih cepat menghilangkan jerawat. faktanya banyak orang jika mengetahui masalah jerawat mereka memburuk, maka mereka akan menambah dosis obat jerawat yang meraka pakai. Padahal dosis yang berlebihan bisa berbahaya dan akan menyebabkan kulit iritasi, kering dan lebih banyak jerawat yang timbul. Sebaiknya kita lebih baik konsultasi pada dokter ahlinya.
Memencet jerawat mempercepat kesembuhan. Faktanya sangat salah besar dengan pernyataan ini , malah akan sebaliknya dengan memencet jerawat akan menimbulkan Infeksi pada jerawat karena bakteri akan menyebar yang memperburuk jerawat. kemudian bekas jerawat itu sendiri akan sulit untuk di hilangkan.

Jerawat di sebabkan oleh penggunaan kosmetik.
Faktanya tidak semua kosmetik menyebabkan jerawat tapi juga ada kosmetik yang dapat menymbat pori-pori maka dari itu kita harus pintar memilih kosmetik yang aman seperti kosmetik yang tergolong “non-comedogenic” atau “non-acnegenic”. Kosmetik itu ada yang mengandung zat benzoyl peroxide atau asam salisilat yang padat mencegah jerawat.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*